Thursday, June 21st, 2018

George Peabody, Dermawan Kaya yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Published on March 16, 2018 by   ·   No Comments

Sudah buka google hari ini ? Jika sudah mungkin ada yang bertanya – tanya siapa yang muncul di google doodle hari ini atau mungkin banyak juga yang sudah tahu siapa sosok yang ada di Google Doodle hari ini. Yap, George Peabody. Sosok dermawan kaya yang populer di Amerika Serikat karena kegiatan amalnya.

George Foster Peabody merupakan keturunan pengusaha yang lahir pada 18 Februari 1795. Keluarganya berubah jadi miskin saat perang saudara. Perpecahan itu membuat George Peabody yang saat itu berusia 11 tahun harus putus sekolah dan bekerja di sebuah toko. Pindah dari Georgia ke Amerika Serikat tanpa adanya dana untuk meneruskan pendidikannya. Namun, itu bukan penghalang bagi George Peabody untuk menimba ilmu. Saat bekerja di toko itu ia belajar ilmu yang dipakainya saat dewasa. Selain bekerja di toko ia juga rajin belajar secara otodidak di perpustakaan Y.M.C.A (The Young’s Men Christian Association) .

Dikutip dari Peabody.yale.edu, Jum’at (16/3/2018), pada usia 17 Tahun, George Peabody mengelola sebuah toko di  Georgetown, Columbia. Saat berusia 20 tahun, sosok yang diangkat Google Doodle hari ini itu menjadi mitra bisnis grosir. Dua tahun kemudia kekayaannya mencapai US$ 40.000.

Selama 20 tahun ia menjalankan bisnis di Baltimore, sedikit demi sedikit ia berkembang pedagang dan pemodal internasional. Setelah lima kali melakukan perjalanan bisnis ke Eropa, pada tahun 1837 ia memutuskan untuk menetap di London. Disana ia mendirikan rumah perbankan George Peabody dan Company, yang mengkhususkan pada valuta asing.

Selama di London bisnisnya berkembang pesat. Mendekati masa pensiunnya, George Peabody menyumbangkan separuh hartanya baik di AS maupun di Inggris. Sebagian besar dana amal itu ia fokuskan pada bidang pendidikan.

George Peabody memberikan dukungan financial untuk keponakannya, OC Marsh, yang menerima gelar Bachelor of Arts dari Yale University pada 1860. Saat itu lah, Marsh mendesak Peabody agar memberi US$ 150.000 untuk mendirikan Peabody Museum of Natural History di Yale.

Pada tahun yang sama, Peabody menyumbang US$ 150.000 ke Harvard University untuk membangun Peabody Museum of Archaeology and Ethnology.

 

Tags: , , , , ,

Readers Comments (0)




Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.

Video Cara Proteksi Flashdisk Tanpa Software

RSS Produk Terbaru Barang Unik Lucu

Ads

Berita Terbaru

eBook SEO Gratis

seo blogspot, tutorial seo

Join Facebook

RSS

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tutorial

Cara Proteksi CD

Banyak yang bertanya kepada saya Bagaimana Cara Proteksi CD supaya tidak bisa dicopy, dibajak? hanya bisa dilihat, dijalankan dan dibaca. Pada postingan ... [+]
omzet penjualan

Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Via Internet

Semakin hari orang bahkan perusahaan berbondong-bondong memboyong dagangan mereka ke internet. Ada yang lewat facebook, twitter, my space, multiplay bahkan situs ... [+]

Link Sponsored